Kamis, 22 November 2012

QUIZ AIDAH 1.C


SOAL KUIS AQIDAH
1.             Bagaimana cara anda menjawab orang yang mengatakan bahwa Allah Maha jahat dan zalim, karena Allah juga menciptakan keburukan selain kebaikan?

JAWAB
Dengan mengatakan pada orang itu bahwa Allah  sebenarnya tidak menghendaki keburukan, tidak mencipta perbuatan manusia; manusia bisa mengerjakan perintah-perintah-Nya dan meninggalkan larangan-larangan-Nya, karena qodrat (kekuasaan) yang dijadikan Tuhan pada diri mereka. Tidaklah Allah menciptakan manusia melainkan Allah juga menciptakan setan untuk mengujinya. Secara fitrah manusia akan selalu cenderung pada kebaikan. Tetapi utk selalu sejalan dgn fitrahnya sangatlah sulit. Karena ketika manusia hendak memilih kebaikan akan selalu ada bisikan-bisikan yg menghalanginya dan menganjurkan yg sebaliknya. Seperti yg pernah disabdakan oleh Rasulullah saw. “Bahwa di dalam hati manusia ada dua bisikan; bisikan malaikat dan bisikan setan. Bisikan malaikat adalahl kebaikan dan bisikan setan adalahl kejahatan”. Adapun bisikan mana yg akan diikuti oleh manusia tergantung pada keadaan hati manusia itu. Jika hatinya bersih ia akan mendengar bisikan malaikat namun jika hatinya kotor dan berpenyakit dia akan lbh sering menuruti bisikan setan. Dari situ timbullah dua akibat yaitu kebaikan dan kejahatan.
Oleh karena itu Allah tidak bisa dikatakan Maha jahat dan zalim karena pada dasarnya manusia itu diciptakan Allah secara suci. Allah tidak menciptakan keburukan dan kezaliman yang menentukan baik atau buruknya seseorang adalah dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar